Tanya Jawab Paradise Striver 1 (4 Juli 2017)

 

1. #maysarah, smksp, assalamualaikum a. Kalau kita lagi sakit trus di infus. Wudhu sebsanya trus kalau mau shalat gak sesuai waktu gmana a? Msalnya tkt diliati org krna khawatir org nilai riya’. Jdinya gt apa bleh di qada?
🍇Untuk wudu yaa sebisanya…namun utk nunda solat krn riya…maka ini DOSA BESAR BANGET…krn dia udah ngeremehin Allah…harusmya solat aja sambil lawan riya…jangan malah gak jadi solat krn riya

2. #gina #unikom
a kalo ikutan paket lebaran gitu , kan biasanya di bayar per minggu atau perbulan , nah barangnya tuh di kasih pas mau lebaran , kita nyicil gitu dengan harga yg udah di tentuin di awal , apa itu termasuk riba ? harganya juga udah di lebihin sama si penjualnya , tapi kita terima paketnya kalo udah lunas semuanya ?
🍇ini agak sulit untuk jawabnya krn aa blum tau kondisi barang apa sudah ada atau belum…apakah penerima barang sbagai pemilik parcel atau pendistribusi atau kerjasama dgn toko parcel…ini semua akan menntukan hukumnya…jadi agak sulit jawabnya

3. #3thara, smkn3lgsa,
Assalamu’alaikum a,
A kn kalo perempuan ga boleh kluar rumah /prrgi jauh tanpa muhrim ya, jdi klo yg belum nikah dan pingin jalan2 atau touring itu gimana a :’
🍇ajak kakak atau adik laki2

4#Lena#Undip
A kenapa sidang isbat hanya untuk Ramadhan saja? Padahal kalau penentuan awal bulan di setiap bulan hijriahnya berbeda, puasa sunnah yg berdasarkan kalender hijriah juga bergeser a? Atau bagaimana a? Mohon penjelasannya
🍇aa juga bingung wkwk

5. nurul, sman 65 jakarta
Assalamu’alaikum a, ada titipan pertanyaan nih, kalo misalkan ada salah satu bagian dari keluarga kita nyuruh kita bawa sesuatu (yasin) kemana pun kita pergi dengan alasan buat pelindung. Apakah itu termasuk syirik a’?
🍇iya…itu malah jadi jimat…krn quran yg melindungi tuh bukan kertasnya…namun bacaannya sebagai firman Allah

6. #Cesa Fasilkom UI
A kalo ada perbedaan pendapat ulama kita boleh g sih milih yang kita rasa lebih mudah?
🍇haram…seharusnya kita pilih bedasarkan yg lbh kuat dalilnya…atau jk kita gak ngerti dalil maka pilih pndapat ulama yg kita tau lebih kompeten…atau kalau gak tau juga maka tanya hati yg tidak diliputi dgn nafsu…adapun sngaja milih pndapat yg trmudah…maka ini akan menghancurkan agama kita

7. #nurendah, maba upi
assalamu’alaikum, a mau nnya klo ikutan arisan atau paket lebaran boleh apa engga?
🍇klo arisan boleh…tapi klo paket lebaran blm tau

8. #iqbal, unikom
Bismillah,a boleh ga kita sholat sunnat qabla subuhnya dirumah saat azan dimesjid udah udah beres soalnya kalo mau kemesjid takut udah qomat dimesjidnya
🍇mending ke mesjid segera…krn pahala solat subuh di msjid tanpa ketinggalan takbir awal adalah LEBIH BESAR daripada solat sunnah

9. #Meilannie, SMKN 19 Jakarta
a? Saya pernah liat video ceramah salah satu ustad, katanya anak yang hasil zina (sebelum akad) itu bukan termasuk nasab dari bapak nya ? Kalo bener, berarti ayah nya itu gak boleh nikahin anak nya a?
🍇betul sang ayah TIDAK BISA jadi walinya…haram…walinya harus diganti dr wali hakim

10 #fani, SMAN 1 Karawang
a kalo solat sunnah itu bacaannya jahr atau sirr?
🍇klo solat sunnah di malam hari maka boleh sir boleh jahr…adapun solat sunnah siang hari maka sir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *