WADUH! BANGUN Pagi Jam 8! BELUM SOLAT SUBUH

harus gimana ini?

Yep! Kawan kawan rasanya penting bahas ini, berhubung musim liburan masih panjang (khususnya untuk anak anak kampus yang ngekos seorang diri gak punya teman wkwk yg suka bangun pagi kebablasan)

Kita ambil dr OA MSTEI yaa yuk baca

🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥

[MReminder] – Saat Waktunya Shalat Wajib Aku Ketiduran? Aku Harus Bagaimana?

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah,

Pernahkan sahabat merasakan kejadian diatas. Apakah yang sahabat lakukan ketika terjadi seperti yang diatas? Saya ingin menjelaskan tentang ini karena masih banyak orang yang belum mengetahui tentang hal ini dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi seperti ini.

—————————

Pendahuluan : Wajib bagi kita menunaikan shalat wajib pada waktu yang telah ditentukan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa’ : 103)

—————————

Hukum mengqadha shalat yang terlewat bagi yang TIDAK sengaja meninggalkan shalat

Dalam keadaan tidak sengaja meninggalkan shalat, seperti karena ketiduran, lupa, pingsan, dan lainnya, maka para ulama bersepakat bahwa wajib hukumnya mengqadha shalat yang terlewat. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:

من نام عن صلاة أو نسيها؛ فليصلها إذا ذكرها

“Barangsiapa yang terlewat shalat karena tidur atau karena lupa, maka ia wajib shalat ketika ingat” (HR. Al Bazzar 13/21, shahih).

Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan menjelaskan: “Orang yang hilang akalnya karena tidur, atau pingsan atau semisalnya, ia wajib mengqadha shalatnya ketika sadar”
(Al Mulakhash Al Fiqhi, 1/95, Asy Syamilah).

Dan tidak ada dosa baginya jika hal tersebut bukan karena lalai, karena shalat yang dilakukan dalam rangka qadha tersebut merupakan kafarah dari perbuatan meninggalkan shalat tersebut. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Barangsiapa yang lupa shalat, atau terlewat karena tertidur, maka kafarahnya adalah ia kerjakan ketika ia ingat” (HR. Muslim no. 684).

Dari sini juga kita ketahui tidak benar anggapan sebagian masyarakat awam, bahwa jika bangun kesiangan di pagi hari maka tidak perlu shalat shubuh karena sudah lewat waktunya. Ini adalah sebuah kekeliruan!

—————————

Intinya adalah :
1. Hukum men-qadha shalat yang terlewat bagi yang TIDAK sengaja meninggalkan shalat adalah WAJIB mengqadha shalatnya dan BERURUTAN. (kalau misal yang terlewat lebih dari satu)
2. Tidak ada dosa baginya karena dia dalam kondisi tidak sadar ketika tidur.

Hmm… berarti kita boleh dong begadang dan telat-telatin tidur untuk lewatin shalat shubuh dsb? Penasaran? Silakan baca di link referensi no. 2 supaya lebih jelas lagi dan tonton juga yuk video berjudul “Saudaraku: Telat Bangun Subuh” supaya menambah ilmu kita di link berikut :
https://youtu.be/PIjHtPQIyIk

Referensi & Link bermanfaat :
(1) https://youtu.be/PIjHtPQIyIk
(2) https://rumaysho.com/487-bagaimana-jika-telat-shalat-shubuh.html
(3) https://rumaysho.com/4813-telat-shalat-shubuh.html

——————————–

Lembaga Dakwah Fakultas MSTEI ITB

Line id : @muslimstei
Instagram : @muslimstei
Fb : /muslimstei
Twit : @muslimstei

[AR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *